Jangan Curang

Sebal melihat skandal pajak yang terkuak marak belakangan ini? Kita jadi bertanya-tanya, jangan-jangan selama ini kita memang hidup di zaman kebohongan. Sejumlah pengamat politik bahkan terang-terangan mengatakan bahwa Negara kita sedang krisis integritas.

Lihat saja, mulai dari memanfaatkan joki membuat tesis, bahkan untuk mendapatkan lapangan pekerjaan yang dianggap lahan basah dan masih banyak lagi tentunya. Apa sih sebenarnya integritas itu?

Integritas dalam arti kamus adalah menyeluruh atau komplet. Kata integritas berasal dar kata integer yaitu sebuah kekuatan personal yang harus dimiliki setiap orang. Integritas baru bisa muncul bila perilaku seseorang sesuai dengan 3 hal yaitu perasaan yang sedang dialami, nilai-nilai hidup dan norma social universal.

Orang yang berintegritas bukan hanya jujur tapi juga tulus. Ia bersikap apa adanya, tidak menutup-nutupi dan tidak dibuat-buat. Ciri-ciri orang berintegritas :

  1. Berbicara jujur, terbuka, sesuai dengan situasi dan kondisi

Inilah yang paling penting, karena di zaman sekarang banyak orang menghalalkan segala cara untuk mendapatkan apa yang diinginkan sampai mereka harus berbohong. Istilah yang lebih terkenalnya adalah aji mumpung.

 

 

  1. Bersikap sportif

Berani bertanggung jawab atas semua tindakan yang kita buat. Mengakui kekurangan dan tidak menyalahkan orang lain itu merupakan hal yang sangat sportif.

  1. Mengungkapkan perasaan secara wajar

Jika marah kita akan mengatakan sejujurnya bahwa kita kecewa dan marah tanpa menjadi emosional.

  1. Nyaman dengan diri sendiri
  2. Melakukan apa yang diucapkan

Memenuhi janji, menepati kesepakatan dan menunaikan kewajiban.

  1. Bersikap adil, tidak licik dan tidak curang

Jangan memanfaatkan ketidaktahuan orang lain demi kepentingan diri sendiri.

  1. Mau berbagi dengan orang lain

 

Mungkin anda berpikir di zaman yang serba modern sekarang, sulit untuk mempertahankan integritas. Tapi sebenarnya tidak juga. Karena ternyata datangnya tantangan itu berasal dari diri kita sendiri.

Tantangannya ialah malas, kita senang memanjakan dorongan emosi, kita ingin menjadi sosok popular dan diterima oleh lingkungan sehingga merasa sah-sah saja untuk menjadi orang yang bukan diri kita sendiri dan tantangan yang terakhir ialah kita ingin hidup mudah dengan jalan pintas.

Bagaimana cara berlatih supaya kita bisa berintegritas?

  1. Hindari berbohong kecil (meskipun itu white lie), termasuk melontarkan pujian yang tidak tulus. Buatlah daftar setiap kali kita mengucapkan kebohongan. Usahakan agar daftar itu makin pendek setiap hari
  2. Buatlah resolusi untuk tidak melakukan kesalahan. Renungkan kapan saja kita tergoda untuk terlihat hebat atau terlihat baik atau mengsankan di hadapan orang lain sehingga membuat kita menjadi bukan lagi diri sendiri

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s