Kesenjangan Sosial

Negara Indonesia sering diidentikkan dengan kesenjangan social. Maka dari itu ada istilah yang populer yaitu yang kaya akan terus bertambah kaya sedangkan yang miskin makin bertambah miskin. Kesenjangan social sama dengan diskriminasi yang artinya adalah tindakan negatif. Dapat kita lihat perbedaan yang mencolok antara pembangunan di daerah-daerah dengan di ibukota. Memang ibukota sudah sepatutnya memiliki pembangunan yang memadai. Namun pembangunan di daerah-daerah seharusnya juga diperhatikan.

Akibat dari kesenjangan pembangunan antara di kota dan di desa, maka banyak penduduk desa yang melakukan urbanisasi. Bayangkan Negara kita berjejer pulau dari sabang sampai merauke, apabila semua penduduk berpindah ke ibukota, yang terjadi ialah ledakan penduduk dan masalah-masalah yang mengancam lainnya.

Bisa kita lihat banyak pemukiman kumuh di Jakarta, banyak pengangguran, banyak tindakan criminal, tata kota yang tidak rapi, kemacetan dimana-mana, kebersihan tidak terjaga dan masih banyak lagi. Coba bayangkan kalau saja pembangunan dilakukan secara merata di daerah-daerah, alangkah makmurnya negeri kita ini.

Yang patut diprihatinkan banyak sumber daya alam di berbagai daerah dieksploitasi namun daerah itu sama sekali tidak berkembang. Di Kalimantan banyak terjadi penebangan hutan liar akibatnya banyak hutan gundul. Di Irian Jaya terdapat penambangan emas namun hasilnya lebih banyak dinikmati pihak asing.

 

Sungguh tragis, sumber daya alam yang seharusnya digunakan untuk kesejahteraan rakyat tapi digunakan untuk kepentingan sepihak. Tentunya pengelolaan sumber daya alam tidak lepas dari sumber daya manusia yang berkualitas. Kita masih sangat kurang dalam hal SDM. Apalagi banyak juga orang yang memiliki SDM tetapi tidak memiliki attitude yang baik.

Jadi dapat kita simpulkan bahwa sebab timbulnya kesenjangan social :

  1. Tidak ada kebijaksanaan yang memuaskan untuk berbagai kalangan
  2. Sikap manusia yang selalu mengeluh dan ingin berhasil tapi kurang berusaha
  3. SDM yang tidak berkualitas sehingga SDA yang ada tidak dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya
  4. Rasa toleransi dan tolong menolong sesama kita yang sangat kurang

 

Upaya untuk mengurangi/menghilangkan diskriminasi :

  1. Perbaikan kondisi social ekonomi
  2. Perluasan kesempatan belajar
  3. Adanya sikap terbuka dan lapang

Kesenjangan social dapat terjadi akibat adanya interaksi social. Kesenjangan sosial dapat timbul dari perbedaan baik itu agama, suku, watak dan lain-lain. Jadi tumbukan kesadaranmu untuk saling menghargai demi terhindarnya kesenjangan sosial.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s